Kamis, 23 Mei 2013


Dari seluruh SMA di Indonesia, ada 4 SMA yg biayanya boleh di bilang tidak manusiawi atau di atas rata-rata. Namun ada istilah, “Jangan pelit terhadap pendidikan”. Maksudnya ialah jangan terlalu perhitungan terhadap pendidikan kita, karena di masa yg akan datang nanti toh kita juga yang merasakan kesuksesan itu.


1.      SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang

 SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang  memang yang termahal di Indonesia, karena biaya sekolah pertahunnya di banderol sekitar USD 9000 atau Rp 80.460.000 . Sangat mengesankan, untuk sekolah bertaraf SMA sudah menyentuh angka setinggi itu. Namun yang menjadi spesial di sekolah ini ialah siswa disana tidak di wajibkan ”UN (Ujian Nasional)”. SMA Pelita Harapan Lippo Cikarang memiliki kurikulum internasional bernama International Baccalaureate. Kurikulum internasional ini menginduk pada International Baccalaureate Organization (IBO) yang bermarkas di Swiss. Ujian kelulusan dilakukan sesuai kurikulum internasional IBO.




Untuk info lebih lengkap, lihat saja: SMA Pelita Harapan LippoCikarang




2.    SMA Ciputra Surabaya


SMA Ciputra Surabaya membanderol biaya sekolah sebesar Rp 40.000.000 dan SPP sebesar Rp 4.000.000 / bulan. Untuk menjadi siswa SMA Ciputra Surabaya, calon siswa harus memenuhi standar yang cukup tinggi, salah satunya adalah nilai TOEFL minimal 550. Di kelas I, siswa wajib mengikuti program Work Experience, yaitu magang di perusahaan selama seminggu. Program ini bertujuan untuk membentuk siswa yang berwawasan entrepreneurship. Siswa kelas II harus menyelesaikan program Personal Project yang sudah setara dengan skripsi di perguruan tinggi. Setelah itu siswa-siswa SMA Ciputra Surabaya masuk program penjurusan, yaitu Indonesian Programme atau Diploma Programme. Siswa-siswa Diploma Programme yang mengikuti kurikulum International Baccalaureate itu tidak diwajibkan mengikuti ” UN (Ujian Nasional)”.
Untuk info lebih lengkap, lihat saja:
SMA Ciputra Surabaya

3.    SMA Global Jaya International School Tangerang Selatan

 SMA Global Jaya International School Tangerang Selatan memiliki 47 jenis kegiatan ekstrakurikuler, dan mempunyai tenaga pengajar berkualitas dari dalam negeri maupun luar negeri. Sistem pendidikan SMA GJIS Tangerang Selatan mengacu pada sistem Student Center dimana kegiatan belajar mengutamakan agar siswa lebih aktif dan guru hanya berperan sebagai fasilitator. Untuk calon siswa yang ingin masuk ke SMA ini, hanya di lakukan dua seleksi diantaranya ujian tertulis mencakup matematika, bahasa Inggris, dan tes kecakapan. Sedangkan ujian wawancara dilakukan untuk megetahui penguasaan bahasa asing calon siswa. Untuk uang pangkal masuk SMA ini aja udah Rp 15.000.000 dan SPP Rp 5.000.000 / bulan.
Untuk info lebih lengkap, lihat saja:
SMA Global Jaya Internatonal

4.    SMA Terpadu Krida Nusantara Bandung

SMA Terpadu Krida Nusantara Bandungmenempati lahan seluas 27 hektare di lembah Bukit Manglayang, Cibiru, Bandung. Sekolah yang di miliki oleh Pak Tri Sutrisno ini menjadi sekolah favorit di bandung dan pernah memperoleh Anugerah Hukum dari Depkum HAM. Sekolah ini berbasis Boarding School dan lebih mengarah kepada militer. Sistem belajar di SMA ini ialah Moving Class dimana siswa yang berpindah kelas sesuai mata pelajaran. Biaya pendidikan di SMA Terpadu Krida Nusantara ini mencakup uang pangkal sebesar Rp 32.500.000, biaya pakaian seragam sebesar Rp 2.500.00, biaya SPP sebesar Rp 3.000.000, dan biaya cuci pakaian sebesar Rp 700.000 / semester.
Untuk info lebih lengkap, lihat saja:
SMAT Krida Nusantara
      

          Memang untuk masuk SMA-SMA ini tidak memerlukan biaya yang sedikit namun lebih. Apalagi kalau sampai tidak naik, sangatlah membebani orangtua. Jadi pergunakan lah kesempatan itu sehebat mungkin, karena tidak semua orang bisa dapat bersekolah mahal seperti SMA-SMA yang di atas.

0 komentar:

Posting Komentar